5 Resep Hemat dan Mudah untuk Akhir Bulan

Tanggal tua, persediaan bahan makanan berkurang, waktu yang hampir nggak ada buat memasak. Sedikit dari beberapa masalah yang biasa dihadapi anak-anak kos ataupun orang-orang yang bekerja. Belum lagi isi dompet yang kian menipis. Tapi nggak ada alasan untuk membiarkan perut tidak diurusi dengan baik, kan? Berikut 5 resep mudah, hemat dan praktis yang bisa membantu kamu berkreasi dengan bahan-bahan makanan yang ada. Tentunya dengan rasa yang lezat dan sehat.

1) Omelet ala restoran

Telur merupakan sumber protein yang sangat bagus untuk tubuh. Buat yang gak mau ribet mungkin hanya membuatnya menjadi telur mata sapi atau telur dadar biasa. Gimana dengan resep di bawah ini? Bahan-bahan dan cara membuatnya yang gampang, bisa dipraktikkan dengan sekejap. Yang kamu butuhkan adalah :

  • 2 butir telur
  • Dua buah tomat ukuran sedang (potong bentuk kotak)
  • 3 batang daun bawang iris halus
  • garam dan merica bubuk
  • Sedikit minyak untuk membuat dadar

Campur semua bahan dalam sebuah mangkuk dan dadar di atas Teflon atau wajan yang sudah diberi sedikit minyak. Bolak-balik sampai kedua sisinya matang. Hidangkan dengan nasi hangat dan sambal botolan. Kalau mau lebih fancy bisa juga dicampurkan dengan kornet kaleng atau sosis ayam/sapi.

dadar tomat.jpgSumber Foto: cookpad.com

2) Macaroni and Cheese ala anak kos

Kadang mau juga dong makan makanan western. Macaroni and cheese misalnya. Tapi apa bisa dengan bahan-bahan yang apa adanya? Come on, folks! Semua pasti bisa asal kita berusaha. Kamu Cuma perlu menyiapkan :

  • 150 gram macaroni (bisa bentuk spiral, keong, dsb). Kalau tidak mau ribet menimbang hingga 150 gram, bisa membeli sebungkus macaroni yang sudah dikemas dalam ukuran tertentu. Rebus hingga dua kali lipat ukurannya di dalam air mendidih yang sudah diberi sedikit garam dan minyak goreng. Tiriskan.
  • Keju cheddar yang bungkus kecil. Parut atau potong-potong kecil
  • 1 sendok makan tepung terigu
  • 100 ml susu cair
  • Garam dan merica bubuk
  • Bisa ditambahkan sosis atau daging cincang

Dalam satu panci, campur terigu dengan susu cair, lalu didihkan sampai mengental. Masukkan macaroni, setengah bagian keju parut dan sosis (optional). Aduk rata sampai meletup-letup. Tambahkan garam dan merica bubuk lalu matikan apinya. Taruh di atas piring saji dan taburi dengan sisa keju parut. Rasanya nggak bakal kalah dengan yang dijual di restoran deh.

mac

Sumber Foto : food.detik.com

3) Bikin pancake dengan 3 bahan? Kenapa tidak?

Sore-sore sambil ngumpul bareng sama teman-teman. Pengen masak sesuatu tapi bingung dan malas campur-campur bahannya. Bikin pancake pisang aja yuk! Caranya gampang. Siapkan bahan-bahan di bawah ini :

  • 3 buah pisang ukuran sedang, haluskan.
  • 2 butir telur
  • Susu kental manis. Boleh yang cokelat atau yang vanilla

Campur pisang dan telur sampai rata. Panaskan wajan yang sudah diberikan minyak atau mentega. Tuang satu sendok sayur adonan dan panggang sampai kedua sisi matang. Hidangkan dengan siraman susu kental manis. Pancake pisang siap menggoyang lidah anda

pancake pisang.jpg

Sumber Foto : cookpad.com

4) Stik mie garing buat cemilan

Mie instan lagi, mie instan lagi. Kalau nggak direbus atau digado tanpa dimasak, paling dicampur telur atau sosis. Bagaimana kalau dibuat cemilan teman nongkrong bareng teman-teman? Caranya mudah. Yang kamu perlukan adalah :

  • 2 bungkus mie instan. Lebih bagus kalau mie goreng. Rebus, tiriskan dan campur dengan bumbunya. Sisihkan.
  • 2 butir telur
  • 2 sdm terigu
  • Minyak untuk menggoreng
  • Sambal botolan

Campur mie yang sudah direbus dengan telur sampai rata lalu panggang di atas Teflon atau wajan sampai berbentuk seperti telur dadar. Dinginkan sebentar dan potong-potong memanjang seperti kentang goreng. Panaskan minyak lalu goreng hingga kecoklatan. Sajikan dengan sambal botolan.

Stik-Mie-Goreng1.jpgSumber foto : resepmasakanindonesia.net

5) Sarapan simple dengan French toast

French Toast adalah jenis sarapan yang bisa jadi pilihan buat kamu yang nggak suka makan nasi di pagi hari. Berikut adalah bahan-bahan yang kamu harus siapkan :

  • 5 lembar roti tawar
  • 1 butir telur
  • 5 sdm susu cair
  • Gula pasir
  • Mentega atau minyak goreng untuk memanggang

Di dalam piring, kocok lepas telur dengan susu cair. Ambil roti, taruh gula pasir di tengahnya dan lipat hingga membentuk segitiga. Celupkan di campuran telur dan susu. Tiriskan lalu panggang di atas wajan yang sudah diberi sedikit minyak atau mentega hingga kecoklatan. Buat hingga seluruh roti habis. Bisa langsung disantap atau diberikan susu kental manis, gula bubuk atau sirup maple.

frenchtoast.jpgSumber Foto : hottytoddy.com

Nggak ada alasan lagi untuk nggak makan makanan sehat dan lezat di akhir bulan kan? Selamat mencoba!

Advertisements

6 thoughts on “5 Resep Hemat dan Mudah untuk Akhir Bulan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s