Mentari untuk Satu Kesempatan Lagi

Orang-orang bilang untuk melupakan semuanya. Berhenti bercerita tentang duka. Berhenti berpikir tentang luka. Berhenti merasakan yang namanya perih kecewa. Aku mengerti. Lalu kuseret diriku dari semua tanda tanya. Tidak lagi berpikir. Tidak lagi merasa.  

Rasanya tidak mungkin awalnya. Aku dulu begitu menaruh semua cinta kepadanya. Mengangguk untuk semua pinta, memaafkan semua salah, lalu lupa diri untuk membahagiakan hati sendiri. Dulu tak pernah ada masalah saat nyeri melihat luka dicabik-cabik rasa tidak peduli. Melupakan sakit dan memulai kembali di setiap temu yang berulang membawa sendu. Kupikir cinta sejati seperti itu. Tentang mengaku bahagia meskipun didera sakit jiwa.

Namun pada suatu masa, dalam doa yang terselip sebelum perjalanan panjang yang dikira milik berdua, terselip sebuah doa. Tuhan, jika memang ini bukan yang harusnya ada, buat aku lupa. Itu saja.

Dan Tuhan yang Maha Baik mengabulkan satu-satunya pinta. Dengan mata kepala melihat segala yang dulu serasa buta. Karena cinta awalnya menolak semua logika. Tidak lagi. Cinta tak seharusnya membuat terluka, bukan? Ini bukan cinta. Hanya obsesi semata. Sedikit demi sedikit, bongkahan itu tertarik dari hatiku. Perih memang. Apalagi saat melihat dia yang dulu dicinta berlaku seperti tak saling kenal. Di depan mata, di saat yang sama, dalam satu masa yang ada. 

Sampai di satu titik, aku bisa dengan puas menatapnya tanpa kabut di mataku. Tanpa cinta di hatiku. Bagiku dia serupa biasa. Nama yang tak lagi membuat detak jantung berdetak lebih dari biasanya. Dia sama seperti yang lainnya. Getar yang dulu menyesakkan, kupu-kupu yang menari di perutku, semua hilang. Dan kini aku bisa tersenyum padanya tanpa rasa apa-apa. Dia, yang dulu kupikir satu-satunya yang bakal membias bahagia. 

Seperti mentari pagi untuk satu kesempatan lagi. Tentang memaafkan dan membuka hati kembali.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s